Membuat File PDF dengan TCPDF


Siapa yang tidak tau PDF di era teknologi ini? tentu ini tidak asing lagi bagi kita, terutama dalam mencari dokumen pada search engine, file dengan format pdf inilah yang sering kita download agar dapat dibaca secara offline baik di pc maupun seluler. pdf telah menjadi kebutuhan penting, terutama seseorang yang mencari referensi seperti e-book, modul, dll. PDF merupakan singkatan dari Portable Document Format yaitu sebuah format berkas (dokumen) yang dibuat oleh Adobs (1993) untuk keperluan pertukaran format digital. format PDF digunakan untuk merepresentasikan dokumen dua dimensi yang diliputi teks, huruf, citra dan grafik vektor dua dimensi (Wikipedia).


Kita telah mengetahui membuat dokumen yang kita tulis menjadi pdf ialah dengan menggunakan export pada ms office, sudah umum digunakan. lalu bagaimana membuat pdf dengan bahasa pemrograman? jelas bisa. tidak ada yang tidak mungkin dengan php, bahasa pemrograman back-end yang serba bisa ini. disini saya akan berbagi trik membuat file pdf dengan php. trik yang saya akan bagikan ini adalah tips yang penting dan mudah digunakan.

file pdf dengan php ini dapat kita buat dengan menggunakan TCPDF. TCPDF merupakan kelas pdf open-source yang digunakan untuk menghasilkan dokumen pdf. TCPDF ini merupakan satu-satunya library berbasis php yang mencakup dukungan lengkap untuk UTF-8 Unicode dan bahasa kanan ke kiri. jadi keuntungan menggunakan TCPDF ini sangat banyak, dan akan mempermudah kita dalam membuat file pdf.

Sebelum memulai membuat pdf dengan TCPDF, pastikan aktifkan apache pada XAMPP dan buat satu file folder pada htdocs yaitu makepdf.



Berikut adalah langkah-langkahnya
  1. download tcpdf pada situs ini atau https://github.com/tecnickcom/tcpdf dengan cara pilih clone or download lalu klik download ZIP



  2. extract tcpdf, lalu simpan pada htdocs di folder makepdf. (rename folder TCPDF-master menjadi TCPDF)

  3. buat file dengan nama buatpdf.php dengan skrip berikut

    <?php
    require_once('TCPDF/tcpdf.php');
    
    //konfigurasi TCPDF
    $pdf = new TCPDF(PDF_PAGE_ORIENTATION, PDF_UNIT, PDF_PAGE_FORMAT, true, 'UTF-8', false);
    //menambahkan halaman
    $pdf->AddPage();
    //isi pdf
    $teks = <<<EOD
    <h1>Assalamu'alaikum Wr Wb</h1>
    
    Dipagi yang cerah ini, seperti biasa kita harus selalu mensyukuri nikmat yang Allah berikan agar apa yang kita lakukan menjadi lebih bermakna dan selalu dalam keridhoannya.
    
    <h1>Wassalamu'alaikum Wr Wb</h1>
    EOD;
    //print teks
    $pdf->writeHTMLCell(0, 0, '', '', $teks, 0, 1, 0, true, '', true);
    //hasil print
    $pdf->Output('buatpdf.pdf','I');
    ?>
    

    lalu simpan ke dalam folder makepdf.


  4. jalankan file pada localhost untuk melihat hasil pada skrip yang dibuat


  5. mudah dan juga singkat karena hanya memasukkan beberapa skrip.
Kalian dapat mengenali tcpdf lebih lanjut melalui situs ini atau tcpdf.org

No comments:

Post a Comment

Silahkan ketik komentar di bawah ini