Bootstrap 4 Final Beta Rilis


Bootstrap adalah framework css yang digunakan untuk mempermudah dalam mendesain tampilan website agar menjadi rapih dan indah. ini hanya menurut definisi saya hehe...akhir-akhir ini tentu bootstrap 4 ini telah gencar digunakan walaupun masih beta, karena fitur elemennya yang jauh lebih bagus daripada bootstrap 4.




akhir bulan kemarin, telah diluncurkan bootstrap 4 beta 3, yang sebelumnya telah rilis bootstrap 4 beta 2. pastinya ada perubahan fitur, baik menambahkan fitur baru maupun menghilangkan fitur yang lama. jelas tampak berbeda jauh dari fitur bootstrap 3. kelebihan bootstrap 4 beta 3 tentunya bisa lebih baik dari versi beta 1 dan 2. dan mungkin untuk beberapa bulan, kita akan mulai menunggu perilisan versi final bootstrap 4. bagi para programmer maupun developer, tentu hal ini tidak boleh dilewatkan terutama saya sendiri.

Berbicara melihat perubahan apa saja yang ada pada bootstrap 4 beta 3 ini, bisa diliat pada situs bootstrap berikut atau https://getbootstrap.com/docs/4.0/migration/ . menurut hasil tangkapan dari situs codepolitan adalah :
  1. Rewrite native and custom check control
    saat ini, untuk checkbox dan radio button memiliki sintaks yang lebih simple
  2. Rewrite Group Input
    Kelas input group ditulis ulang menjadi input-group-{prepend-append}. dengan penulisan ini memungkinkan untuk mendukung style validation didalam input group, membuat custom select, custom file input, dan penggunaan .form-control dibeberapa tempat.
  3. Responsive Table menjadi parent class kembali
    Hal ini untuk menghindari masalah pada perubahan properti display pada <table>
  4. Dibuangnya Kelas .col-form-legend
    Kelas tersebut dibuang karena style ini telah dimiliki pada .col-form-label

Setelah menggunakan bootstrap 3 dan bootstrap 4 beta dari v1,v2, dan v3, maka tibalah saatnya untuk menunggu bootstrap versi final yang perilisannya sebulan, atau beberapa bulan kedepan (saya tidak tahu pastinya). berharap dengan bootstrap 4 versi final akan menjadikan framework css menjadi semakin mudah dalam mendesain website maupun blog kita.

Jika anda tertarik untuk menggunakannya, bisa kunjungi getbootstrap.com untuk mendownload versi beta 3, penggunaan, dokumentasi dan sebagainya.

2 comments:

  1. berma faat sekai gan saya jadi bisa edit teample blog saya dengan mudah

    ReplyDelete
  2. manfaat bootstrap itu apa sih? maklum masih newbie, belom tau tentang bootstrap :)

    ReplyDelete

Silahkan ketik komentar di bawah ini